Membangun Hunian Yang Layak Bagi Warga Miskin (Bedah Rumah)

Keberhasilan Kabupaten Bojonegoro untuk keluar dari peringkat 10 besar menjadi urutan ke – 11 dari Kabupaten/Kota termiskin di Jawa Timur bukan merupakan upaya yang mudah. Berbagai program dan kebijakan diluncurkan dalam upaya menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten baik bantuan langsung, pembiayaan pendidikan, kesehatan dan peluang usaha serta peningkatan kualitas rumah hunian bagi masyarakat miskin.

Pada hari Rabu 7 Februari 2018 Komisi C DPRD Kabupaten Bojonegoro menggelar rapat kerja dengan mengundang berbagai pihak antara lain Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pemukiman dan Cipta Karya, Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Polres Bojonegoro dan Kodim Bojonegoro untuk membahas program peningkatan kualitas perumahan untuk masyarakat miskin atau yang selama ini dikenal dengan program bedah rumah.

Menurut paparan dari kepala Dinas Sosial jumlah rumah tidak layak huni di Bojonegoro menurut Basis Data Terpadu (BDT) kurang lebih sebanyak 24.000 rumah, dari tahun ke tahun program bedah rumah dilaksanakan baik menggunakan dana yang bersumber dari APBD, APBN, maupun sumber lain. Tahun 2018 program bedah rumah dilaksanakan oleh beberapa SKPD di jajaran pemerintah Kabupaten Bojonegoro antara lain Dinas Sosial tahun ini akan melaksanakan bedah rumah 100 unit rumah melalui bantuan keuangan desa yang akan diterima oleh keluarga miskin untuk dikerjakan secara swadaya bergotong royong dengan masyarakat sekitar. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa juga menyelenggarakan program bedah rumah sejumlah 21 unit, kemudian Dinas Perumahan dan Cipta Karya sejumlah 511 unit. Selain dari pemerintah kabupaten Bojonegoro Kodim Bojonegoro juga bekerjasama dengan Kodam V Jawa Timur yang melaksanakan program perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 700 unit berupa bantuan material bangunan dan tenaga dari tim koramil tiap-tiap desa.

Rapat kerja bersama ini menjadi forum koordinasi antar lembaga sekaligus sinkronisasi program kerja meskipun dikerjakan oleh masing-masing lembaga dengan sumber dana dan cara penyaluran yang berbeda-beda tentunya program ini memiliki tujuan yang sama yaitu menciptakan pemukiman dan rumah tinggal yang layak bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bojonegoro

Salam,
Sally Atyasasmi
Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bojonegoro / F. Gerindra

By | 2018-02-07T23:53:26+00:00 February 7th, 2018|DPRD, Headline, Kabar DPRD, Kabar DPRD, Sosial|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

%d bloggers like this: