Pengantar Buku Memoar Oase Demokrasi

 

oleh : Sally Atyasasmi

Politisi Perempuan, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Bojonegoro, Alumni Sekolah Politisi Muda

 

Kemajuan demokrasi di Indonesia patut mendapatkan apresiasi dengan hadirnya wajah-wajah baru politisi muda menghiasi kancah politik baik pada tingkat lokal maupun Nasional. Kini sikap kritis kaum muda tidak hanya diteriakan dalam barisan demonstrasi tetapi juga diwujudkan dalam keterlibatan kaum muda dalam organisasi partai politik. Seiring dengan meningkatnya kesadaraan masyarakat terhadap dunia politik, kehadiran politisi muda memberikan harapan baru bagi kemajuan demokrasi di Indonesia, namun tidak jarang dari mereka yang masih memandang sebelah mata bahkan pesimis terhadap kiprah kaum muda untuk mampu mengubah carut-marut situasi politik di Indonesia. Ini merupakan tantangan bagi para politisi muda untuk menunjukan eksistensi, integritas, dan kualitas menuju demokrasi yang maju,  tugas berat para politisi muda ini juga mengembalikan kepercayaan rakyat yang telah hilang akibat kegaduhan yang sering ditimbulkan oleh  para elit politik.

Tentunya untuk mewujudkan hal tersebut politisi muda harus memiliki kemampuan dan kualifikasi yang mumpuni sebagai seorang politisi, agar tidak hanya menjadi pelengkap kursi namun memberikan partisipasi secara bermakna. Meskipun harus diakui belum semua kemampuan tersebut telah dimiliki oleh politisi muda kita, sistem pengkaderan menjadi masalah klasik bagi partai politik. Partai politik masih mengalami kesulitan untuk mencetak kader-kader generasi penerus menjadi politisi yang berkompeten.

Program sekolah politisi muda yang diselenggarakan oleh Yayasan Satunama hadir sebagai jawaban dan kepedulian dari masyarakat untuk menuju demokrasi yang lebih baik yaitu dengan mencetak politisi-politisi cerdas dan berintegritas. Dari awal saya sangat antusias ketika mendapatkan announcement dari partai terkait kelas sekolah politisi muda angkatan II, saya berharap sekolah ini dapat menjadi jawaban atas kegelisahan saya sebagai seorang politisi muda yang berada dalam lingkungan elit politisi senior yang sudah barang tentu memiliki pengalaman lebih banyak. Selama mengikuti program sekolah politisi muda, saya mendapatkan pengetahuan lebih dari yang dapat saya bayangkan, materi yang sangat menarik dibawakan oleh para pemateri yang sangat berkompeten, selain kelas juga ada value building bersama teman-teman sangat menyenangkan. Selain pengetahuan, saya juga dapat berinteraksi dengan teman-teman lintas partai dari berbagai daerah, mereka semua orang hebat dan sangat menginspirasi saya. Pengetahuan yang saya dapat selama menjalani sekolah sangat applicable dalam realita kehidupan berpolitik sehari-hari dilingkup tupoksi sebagai anggota DPRD, mengembangkan kemampuan personal diri serta mengembangkan organisasi partai politik didaerah saya. Saya berharap program ini dapat di duplikasi oleh partai politik atau diperluas jangkauan wilayahnya sehingga lebih banyak lagi calon-calon politisi muda yang mendapat manfaatnya.

By | 2017-12-26T21:18:01+00:00 November 18th, 2017|DPRD, Gagasan, Headline|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

%d bloggers like this: