Sally Atyasasmi: Beri Kami Masukan

Banyak masyarakat belum mengetahui tugas utama dan fungsi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). “Legislatif itu turun langsung ke bawah dan menampung aspirasi masyarakat kemudian didiskusikan dan dibacakan di sidang paripurna, jadi tupoksi kita itu adalah mengusulkan aspirasi di ranah kebijakan.”

Pernyataan itu dilontarkan Sally Atyasasmi SKM MKM, dalam kuliah tamu bertajuk “Penganggaran Daerah di Bidang Kesehatan”, Rabu (11/5) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair.

Alumnus FKM Unair ini mengungkapkan betapa penting bagi mahasiswa mengenal wakilnya di legislatif. Tujuannya kesempatan bagi akademisi agar bisa memberikan masukan yang bermanfaat.

Sebab tidak semua wakil rakyat ahli dalam bidang tertentu, sehingga tetap membutuhkan masukan-masukan yang dapat membantu peran legislatif tersebut.

“Wakil rakyat itu memiliki latar belakang tertentu, misalnya ekonomi, maka dia bukan ahli bidang kesehatan. Sebagai akademisi harus memberikan masukan, terutama bidang kesehatan,” imbuh anggota Komisi C DPRD Kabupaten Bojonegoro yang berasal dari Partai Gerindra itu.

Lulusan 2011 tersebut juga menyayangkan para pemegang kebijakan yang lebih banyak mengartikan perkembangan dan pembangunan hanya dari bukti fisik, misalnya sebuah gedung. “Kita ini juga butuh pembangunan SDM, salah satunya ya di bidang kesehatan,” ujar perempuan asli Bojonegoro tersebut.

Menurut Sally, banyak hambatan dalam pembiayaan kesehatan. Seperti kurangnya SDM, kurangnya dana, penyebaran dana yang tidak sesuai, pemanfaatan yang tidak tepat, dan biaya kesehatan yang makin meningkat.

Maka dibutuhkan konsistensi dari program pemerintah. “Setiap kali ada pemilihan masing-masing punya program berbeda. Jadi tidak konsisten, padahal konsistensi ini penting supaya kita bisa maju ke langkah berikutnya,” terang Sally. (sak/foto pih unair)

Sumber :http://www.jurnalindonesia.net/sally-atyasasmi-beri-kami-masukan

By | 2017-11-11T17:07:36+00:00 November 10th, 2017|Headline, Media|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

%d bloggers like this: