Mbak Naning Gondang

Comments: No comment

Gondang mungkin sekarang nomor dua dalam benak penyuka wisata hutan dan udara alami setelah nama tenar nama Atas angin kecamatan sekar. Namun gondang juga banyak wisata yang kini makin di kenal Publik, Watu Gandul, Bukit TONO, Banyu Kuning. Adalah mbak Naning panggilan nya , perempuan asli Gondang bernama asli PURWATININGSIH tersebut seringkali di sebut oleh banyak orang karena aktifitas keibuanya serta aktifitas kreatif yang dilakukan dengan botol bekas dan keahlian menyulapnya menjadi Aneka kerajinan yang bernilai. Perempuan yang lahir 09 Desember 1986 tersebut menikah usia 18 sehingga dunia tarik suara yang di gemarinya seiring waktu dan kendala tidak direstui suami makin ditinggalkan berganti dengan kesibukan padat sebagai orang tua perempuan bernama Rachma Citra. Meski harus mengorbankan hobi dan cita-cita menjadi penyanyi yang bisa membantu perekonomian orang tuanya, ternyata Tuhan memberi kebanggan lain, melalui anak nya, bakatnya menurun ke Rachma Citra, sehingga suami juga justru malah mendukung sekali karir anaknya. Namun dengan syarat soal pendidikan tetap jadi prioritas utama.
Mbak Naning juga sama seperti keluarga lainya, mengalami pasang surut gelombang ekonomi, sehingga jenis usaha kredit baju serta bekerja di kantor kecamatan Gondang sebagai office girl dan lain -lain di lakoninya. Perjuangan perempuan tersebut dilakukan demi membantu suami juga anaknya , tanpa sebuah gengsi yang membatasi peran nya sebagai orang tua dan ibu. Pekerjaan di kecamatan tersebut dijalani hingga kemudian anak ke 2 nya lahir dan memilih fokus momong anak . Seiring waktu Mbak naning tidak menyia-nyiakan waktunya , selain momong tanganya tidak bisa berhenti, kreatifitas berupa tas dari bahan bekas gelas minuman Ale-ale dan sejenisnya di rangkai jadi jenis Tas dan kerajinan lain bernilai.
Akhir tahun 2016 banyak ibu-ibu gondang yang juga membuat tas dari gelas ale-ale dan sejenisnya. Berbekal modal sendiri mbak Naning malah mempunyai inisiatif lain yaitu langsung beli di pengepul saja, daripada mengumpulkan gelas bekas kelamaan dan kemudian di jual lagi ke ibu-ibu dengan sistem per-kiloan. Saya nggak betah kalo harus dirumah saja, maksudnya harus ada kegiatan, jadi selain beli di pengepul Kalo tas saya sudah jadi , ya saya keliling mas..kadang ada yg datang kerumah..ada juga yang lewat hp “Time is money no gengsi” pungkasnya.
Kesibukan mbak Naning makin bertambah. Selain sebagai sekertaris PKK Desa Gondang juga aktif di Posyandu Balita, Posyandu Lansia, ditambah juga dengan aktifitas ngantar anak nyanyi, ramadhan tahun lalu menjadi berkah tersendiri buat keluarga kecilnya, Rachma Citra anaknya di ajak group orkes JITUNADA dari kabupaten Nganjuk dan diminta menjadi penyanyi nya dan kerap manggung Bersama NELLA Kharisma .
Selain Bertani dan meracang ,yang terpenting. “Ridho suami adalah ridho ilahi, Sekarang saya jadi PPDP desa gondang. Biasanya kalo pemilu saya menjadi anggota KPPS juga, semoga berkah selalu dilimpahkan OlehNYA” ucap Mbak Naning

Tinggalkan Balasan